Kamis, 09 Oktober 2014

about malang



 kebudayaan kota Malang


Kekayaan etnis dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisional yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Wayang Topeng Malangan (Topeng Malang), namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan tiga budaya (Jawa Tengahan, Madura, dan Tengger). Hal tersebut terjadi karena Malang memiliki tiga sub-kultur, yaitu sub-kultur budaya Jawa Tengahan yang hidup di lereng gunung Kawi, sub-kultur Madura di lereng gunung Arjuna, dan sub-kultur Tengger sisa budaya Majapahit di lereng gunung Bromo-Semeru. Etnik masyarakat Malang terkenal religius, dinamis, suka bekerja keras, lugas dan bangga dengan identitasnya sebagai Arek Malang (AREMA) serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada Malang.
Di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur yaitu Taman Krida Budaya Jawa Timur, di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, Sendra tari, saat ini bertambah kesenian baru yang semakin berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN” kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas dan inovasi masyarakat asli Kota Malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat Malang namun baru sekaranglah “BANTENGAN” lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga sampai luar daerah bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran bantengan hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.(sumberhttp://www.malang-guidance.com/kesenian-kebudayaan-kota-malang/)


Ciri Khas Kota Malang
Kota malang terkenal dengan sebutan kota pelajar.Banyak masyarakat dari luar Malang sampai dari seluruh Indonesia dating ke kota malang untuk menuntut ilmu.selain itu masyarakat malang dikenal Religius, Dinamis, Bekerja Keras, Lugas, dan bangga terhadap identitasnya sebagai arek malang atau yang biasa dinamakan AREMA. Serta menjunjung tinggi kebersamaan dan setia kepada kota malang.  Orang malang yang asli malang, pasti sudah sangat familiar atau mengenal dengan bahasa kebalikan. Seperti yang biasa digunakan :
·         Ngalam : malang
·         Nakam   : makan
·         Ongis nade : singo edan
·         Amera  : arema
                  ·         Rudit    : tidur
Makanan Khas Malang
ada cukup banyak jajanan dan juga makanan khas malang yang bisa dijumpai ketika berkunjung ke malang. diantaranya :
-kripik tempe:
    makanan satu ini cukup familiar. selain rasanya yang enak makanan ini juga sehat kaya protein yang berasal dati kedelai. Biasanya untuk menambah citra rasa makanan ini, para produsen menambahkan beraneka cita rasa untuk keripik tempe. Seoerti rasa balado, pizza, jagung bakar dan lain sebagainya
-keripik singkong:
    salah satu bahan olahan dari singkong tidak jauh berbeda dengan kripik tempe, makanan ini juga salah satu yang akan banyak di jumpai di kota malang.
-pia mangkok:
   tidak ada salahnya ketika berkumjumg ke malang mencoba makanan yang satu ini. di sediakan berbagai rasa, seperti : rasa keju, coklat, kacang hijau. dengan harga yang terjangkau.
-kerupuk ikan tengiri
-Apel:
  nah kalo yang satu ini pasti udah pada tau kan,.Malang memang terknan dengan kota apelnya.Jadi tunggu apa lagi. Gak nyesel deh berkunjung ke Malang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar